Lakukan 5 Tips Berikut Ini Agar Skripsimu Terasa Menyenangkan



Setiap mahasiswa tingkat akhir pasti akan disuguhi oleh syarat kelulusan untuk menjadi wisuda dan mendapat gelar sarjana, yap yaitu skripsi. Berbagai masalah dan kegalauan pun muncul saat mengerjakan skripsi. Dari mulai bingung menentukan topik, bingung merangkai kata-kata dan perasaan malas dan menunda yang membuatmu tak kunjung selesai menyelesaikan skripsi.

Tapi tenang, badinesia punya tips untuk kalian para mahasiswa tingkat akhir agar skripsi kalian terasa menyenangkan. Berikut tipsnya : 

1. Pilih topik/tema yang kamu sukai 

Hal ini karena topik/tema yang sesuai dengan minat dan kesukaanmu akan berpengaruh pada semangat dan motivasi kamu untuk mengerjakan skripsi. Ketika kamu senang dengan tema/topik tersebut kamu pasti akan semakin penasaran dengan topik penelitianmu. Tanpa sadar, skripsi kamu semakin hari dapat cepat selesai.



2. Konsultasikan topik skripsimu ke dosen pembimbingmu

Jangan ragu untuk mendiskusikan topik skripsi ke dosen bimbingan skripsimu. Dengan begitu dosen pembimbing akan memberikan saran agar topikmu semakin berkembang. Belum lagi ketika topik skripsimu menarik dan membuat dosenmu terkagum-kagum, bisa jadi kamu akan diajak bekerja sama untuk membuat suatu penelitian tersebut.


3. Anggaplah skripsimu itu sebagai sesuatu yang menegangkan dan menantang tapi seru, layaknya sedang bermain rollercoaster !

Ya bermain rollercoaster atau aneka permainan yang menegangkan membuat kita menantang untuk mencobanya. Meskipun menegangkan tetapi setelah menaikinya akan terasa seru bukan ? Maka anggaplah skripsimu seperti itu, menegangkan, menantang, tetapi seru. Karena dengan begitu kamu tak akan mengeluhkan betapa sulitnya skripsi karena kamu menganggapnya sebagai suatu tantangan yang asyik dan seru.


4. Sesekali lakukan relaksasi

Relaksasi sangat penting karena pikiran dan tubuh memerlukan istirahat. Jika dipaksakan untuk terus mengerjakan skripsi bukannya skripsi selesai malah bisa membuatmu sakit lho, jadi sesekali lakukan relaksasi dengan mendengarkan musik kesukaan, tidur sejenak, atau dapat refreshing dengan menghirup udara segar dengan berjalan-jalan mengelilingi komplek rumah. Setelah mendapatkan relaksasi yang cukup, kamu pun dapat mengumpulkan energi kembali untuk mengerjakan skripsi, sehingga skripsimu akan terasa begitu menyenangkan saat dikerjakan.


5. Berdoa dan Pasrah

  Berdoa dan pasrah merupakan upaya yang di lakukan saat skripsi terasa berat dan menyiksa. Berdoa perlu dilakukan agar perasaan tenang dan damai muncul didalam hati. Dengan perasaan tersebut kita memiliki energi yang positif, sehingga kita dapat semangat kembali mengerjakan skripsi.



Nah itu adalah 5 tips agar skripsimu terasa menyenangkan, jadi tunggu apa lagi? Jangan menunda dan ayo kerjakan!! semakin cepat mengerjakan semakin cepat pula keinginan kita untuk membahagiakan orang-orang terkasih saat kita memakai toga nanti :) Ada pepatah yang mengatakan "Kuliah itu susah, tetapi lebih susah saat orang tua mengkuliahkan kita" Ayo semangat para mahasiswa semester akhir !! Keep calm and wisuda tahun ini ya :)



Semoga bermanfaat


Widiandita
Anonymous
Anonymous

Previous
Next Post »

Post Comment