Bukti Nyata Peradaban Indonesia Lebih Cerdas

Badinesia.com - Bangsa Indonesia yang saat ini terkenal dengan kesopan santunannya ternyata memiliki masa lalu yang cukup berjaya. Dahulu dikenal dengan berbagai kerajaan yang berkuasa di wilayah Asia. Selain dari kekuatan militer dan maritimnya ternyata peradaban Indonesia juga dikenal cerdas. Hal ini terbukti dengan adanya penemuan-penemuan ini terbukti bahwa generasi dahulu bangsa Indonesia sangat cerdas.

Berikut penemuan cerdas yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dahulu.



Patung Makara, Sumber kaskus
Patung Makara (ikan berkepala gajah) yang ada di candi Borobudur Magelang, ternyata selain untuk keindahan juga berfungsi sebagai talang air



Candi Tikus, Sumber Wikipedia
Pada candi tikus terdapat sistem pengairan cerdas yang dapat mengatur debet air. Pada candi Tikus ini air mengalir ke sungai ketika melebihi batas melalui kanal bawah tangah. Ternyata selain diterapkan di negara-negara barat, kanal bawah tanah juga sudah terdapat pada kerajaan Majapahit zaman dahulu.


Situs Istana Ratu Boko, Sumber Yukpiknik

Lokasi situs istana Ratu Boko di Sleman Yogyakarta membuktikan bahwa bangsa Indonesia sejak dulu telah mengenal sistem pemusatan pemerintahan di Ibukota Kerajaan. Letaknya teratur dan rapi serta simetris, menunjukkan ilmu arsitektur dan pengukuran bangunan telah maju menyaingi peradaban negara lain.


Situs Gunung Padang Cianjur, Sumber Wikipedia


Adanya situs Gunung Padang Cianjur. Peradaban ini lebih tua dari peradaban Machu Picchu Peru. Masyarakat membangun peradaban di atas gunung.
Badi
Badi

Previous
Next Post »

Post Comment