Pesan Ulama Besar Sebelum Meninggal Dunia

Badinesia.com - Imam Syafi'i dikenal sebagai ulama besar yang masih memiliki garis keturunan Rasululloh SAW. Beliau dikenal cerdas dan tegas menegakkan kebenaran dan memberantas kebathilan di muka bumi ini. Bahkan sejak usia 15 tahun, Beliau telah memberikan fatwa dan mengajarkan orang-orang di Masjidil Haram.

Beliau terlahir di Gaza, Palestina pada bulan Rajab 150 Hijriah, Beliau terkenal dengan madzab dan selama hidupnya telah menyusun 113 kitab yang menjadi pedoman para pengikutnya.

Salah satu yang terkenal dari Imam Syafi'i yang terus dipegang teguh para pengikutnya adalah fatwa fatwanya. Diantaranya yang paling dikenal adalah,

“Sabar dalam menghadapi musibah adalah sebesar-besarnya arti sabar. Sabar itu memerlukan kesabaran pula. Ada pun celaka dan musibah, menunjukkan adanya perhatian dan kasih sayang Allah. Oleh karena itu, bersyukurlah sebab bersyukur yang seperti itu adalah setinggi-tingginya arti syukur.”

“Siapa yang ingin meninggalkan dunia dengan selamat, hendaklah ia mengamalkan perkara berikut: mengurangi tidur, mengurangi makan, mengurangi bicara, dan merasa cukup dengan rejeki yang ada.”

“Perbanyaklah menyebut Allah daripada menyebut makhluk. Dan perbanyaklah menyebut akhirat daripada menyebut dunia.”

“Berbuatlah sebanyak-banyaknya amal saleh karena itu merupakan dinding dan perisai orang mukmin dan pelindung dari serangan iblis.”

Jika anda ingin selamat dunia akhirat ikutilah AlQuran dan Hadist Rasululloh Saw. Untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca buku tentang beliau, atau artikel resensi di Resensi Buku Imam Syafi’i Pejuang Kebenaran.

Semoga bisa bermanfaat.
Salam @badinesia
Badi
Badi

Previous
Next Post »

Post Comment