Tangan Berkeriput Saat Berenang, Pertanda Keajaiban Tuhan

Sumber gambar : Tempo.com
Badinesia.com - Berenang merupakan salah satu olah raga yang paling menyenangkan. Selain rekreasi juga membantu menyehatkan tubuh anda. Bahkan bagi mereka yang maniak berenang, bisa setiap hari menceburkan dirinya ke kolam renang. 

Namun bagaimana kondisi anda jika berenang terlalu lama atau pada saat udara sedang dingin. Tangan anda menjadi berkeriput seperti layaknya umur anda sudah tua. Tahukah apa alasannya?

Kondisi tangan yang berkeriput pada telapak tangan, ujung jari tangan dan kaki terjadi karena sistem saraf simpatik tubuh. Bahkan sebelum dunia medis berkembang seperti sekarang, banyak orang yang beranggapan bahwa berenang dapat membuat tubuh anda mengembung karena menyerap air. Namun hal itu tidak pernah terjadi.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa kejadian seperti ini dikenal dengan peristiwa osmosis, yaitu keluarnya cairan di dalam tubuh. Jika ini memang benar, seharusnya tubuh juga akan mengalami pengerutan. Tapi tidak seperti itu adanya. Keripun hanya terjadi pada telapak tangan dan telapak kaki.

Secara medis ini terjadi karena adanya sistem syaraf simpatik yang membuat kaki dan tangan anda mengkerut. Bukan mengkerut menjadi kecil semua bagian tetapi hanya terjadi pada telapak tangan dan kaki saja. 

Sistem syaraf simpatis dikenal merupakan bagian dari saraf pusat dan bertanggun gjawab atas respon lingkungan di dalam tubuh. Selain itu juga mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Pada saat anda berenang di dalam air, akan ada tekanan dari air terhadap tubuh anda. Saat itulah terjadi penyesuaian tubuh.

Pembuluh darah pada jari tangan dan kaki akan menyempit dan membatasi aliran darah ke jari tangan dan kaki sehingga volume aliran darah akan menurun. Pada saat inilah kulit tertarik ke dalam dan membuat lipatan seperti kerutan atau keriput.

Pada kondisi seperti ini sebenarnya justru menguntungkan tubuh kita. Pada saat tangan dan kaki mengkerut genggaman dan pijakan pada sisi kolam akan lebih kuat dan mengurangi resiko tergelincir dan terpeleset. Tubuh kita memang telah didesain sempurna oleh Tuhan YME, mari bersyukur

@badinesia

Badi
Badi

Previous
Next Post »

Post Comment