Keistimewaan Orang dengan Kepribadian Introvert




Badinesia.com - Bagi sebagian besar orang, orang dengan kepribadian introvert memang selalu terkesan dengan karakter kaku, pendiam, penyendiri, tidak ceria, dan berbagai persepsi negatif lainnya. Hal ini karena orang dengan keribadian introvert dianggap kurang menarik dan menyenangkan untuk diajak berbicara dan dianggap membosankan, terlebih dimata orang dengan kepribadian ekstrovert yang selalu tampil ceria dan spontan dalam berbicara dengan orang lain sehingga selalu terasa mengasyikkan dimata orang lain. 

Namun tidak semua prasangka dan persepsi orang dengan kepribadian introvert seperti itu, ada banyak sekali keistimewaan orang dengan kepribadian introvert. Berikut badinesia akan mengulasnya spesial (gak pake telor)  untuk anda para pembaca setia :D . 

1. Pendengar yang baik

Meskipun orang dengan kepribadian introvert jarang sekali berbicara, akan tetapi mereka adalah pendengar yang baik lho. Mereka lebih senang mendengarkan orang berbicara dan menganalisis apa yang orang lain bicarakan daripada berbicara. Orang dengan kepribadian introvert akan berfikir dahulu sebelum mereka berbicara, sehingga apa yang dibicarakannya akan terkesan berbobot. Nah untuk kalian yang lebih suka didengar mendingan deketin tuh otang introvert, dijamin cerita kalian akan didengarkan hingga tuntas hehe :)

2. Setia 

Orang dengan kepribadian introvert juga adalah orang yang setia lho. Hal ini karena ketika mereka sudah menemukan orang yang membuatnya nyaman dan bahagia, maka orang dengan kepribadian introvert akan selalu berkomitmen untuk terus menjalin hubungan tersebut. Tidak heran,bahwa orang dengan kepribadian introvert layak sekali dijadikan sahabat maupun pasangan hidup.

3. Pemimpin hebat kebanyakan adalah orang introvert

Ya sebut saja Bill Gates, Albert Einstein, Abraham Lincollin, Mahatma Gandi, Warren Buffet, Frederic Chopin, dsb adalah pemimpin-pemimpin besar dengan kepribadian introvert. Bayangkan saja jika tidak ada mereka, keseimbangan hidup tidak akan pernah tercapai, maka bersyukurlah kalian para introvert, kalian adalah calon-calon pemimpin besar, atau barangkali sudah ada yang menjadi pemimpin saat ini ?Ya hal ini membuktikan bahwa seseorang dengan kepribadian introvert dapat menjadi pemimpin karena fikirannya yang cenderung analitis sebelum mengambil keputusan, sehingga ketika memutuskan sesuatu, keputusan tersebut akan sangat bijak. Susan Collin, penulis The Power of Introverts telah menginspirasi bahwa orang dengan kepribadian introvert layak untuk menjadi orang sukses dan hebat. 

4. Jago Menulis

Para introvert ini juga adalah orang yang jago menulis lho, kenapa begitu? karena mereka jarang sekali untuk berbicara dan terbuka dengan orang lain, mereka akan cenderung meluapkan dan mengekspresikan pikiran dan perasaannya melalui sebuah tulisan. Ya tulisan-tulisan para introvert ini tentu saja akan sangat berkualitas isinya.

5. Lebih Mandiri

Karena introvert lebih sering melakukan segala sesuatunya sendiri, sehingga mereka tidak mudah bergantung dengan orang lain. Berbeda dengan ekstrovert yang terkadang melakukan segala sesuatu secara berkelompok/bergerombol.

Nah, itu dia keistimewaan orang dengan kepribadian introvert. Setiap manusia didunia ini memang memiliki berbagai ragam karakter kepribadian yang unik dan berbeda. Seperti kepribadian introvert ini, meskipun mereka cenderung sulit untuk dimengerti dan dipahami tetapi sebenarnya mereka juga adalah manusia yang ingin dimengerti dan dipahami. Jadi berusahalah menerima kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kepribadian introvert, janganlah mencoba untuk merubahnya sesuai keinginan kalian. Jadi bersyukur ya apapun kepribadian yang kalian miliki, karena meskipun berbeda, perbedaanlah yang dapat menyatukan kita ::)

Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi

Salam


Widiandita 
Anonymous
Anonymous

Previous
Next Post »

Post Comment