Cara Efektif Mengelola Stress


Badinesia.com - Stress merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Tidak dipungkiri bahwa setiap orang pasti pernah mengalami stress. Stress setiap orang pun memiliki kadar yang berbeda. Dalam penanganannya pun stress berbeda antara satu orang dengan yang lain. Stress tidak bisa dihilangkan maupun dihindari, akan tetapi bisa dikelola. Cara mengelola stress agar lebih efektif akan membuat anda terbebas dari pengaruh buruk akibat stress. Pengaruh buruk ini seperti menurunnya kesehatan baik secara fisik maupun mental. Berikut cara agar stress anda terkelola dengan efektif:

Ceritakan Masalah anda dengan orang terdekat

Menceritakan masalah dengan orang terdekat akan membuat anda merasa lega. Hal ini berarti anda telah mengekpresikan perasaan dan pikiran yang mengganjal dalam hidup anda. Menceritakan masalah dengan orang terdekat juga dapat membantu anda untuk menemukan jalan keluar. Dengan begitu pikiran anda akan lebih terbuka dalam mengelola dan mengatasi stress tersebut. 

Lakukan Relaksasi

Relaksasi juga penting untuk mengelola stress. Anda dapat tidur sejenak, menghirup udara segar ditaman ataupun mendengarkan musik kesukaan. Hal ini dapat membuat pikiran dan perasaan anda menjadi lebih santai dan rileks. Sehingga anda pun akan merasa lebih baik dalam menghadapi masalah anda. 

Berfikir Positif


Berfikir secara positif akan membuat anda merasa lebih tenang dalam menyikapi stress. Dengan berfikir positif anda akan lebih mensyukuri nikmat Tuhan. Berfikir positif juga menjadikan anda dapat mengambil arti/makna  dibalik stress tersebut.

Baca juga artikel menarik berikut ini...

21 Tanda Anda Terlahir Sebagai Seorang Pembisnis Handal


Lakukan Katarsis

Katarsis dalam istilah psikologi adalah metode yang digunakan untuk menyalurkan emosi negatif yang ada dalam diri seseorang. Proses penyaluran ini dapat berupa curhat, menulis, maupun melakukan aktivitas-aktivitas positif lainnya seperti mendengarkan musik, memasak maupun melakukan hobi-hobi yang menyenangkan.  Dengan menerapkan metode katarsis maka masalah akan terasa lebih ringan, sehingga stress dapat terkelola dengan baik.

Welcome Humor


Bercanda dengan teman kerja bisa meringankan stress anda. Bercanda dengan humor-humor lucu akan membuat anda menjadi terhibur, sehingga beban stress yang mengganjal dapat diatasi.

Jaga Kesehatan dengan Makanan Bergizi Seimbang

Jangan pernah tinggalkan makan ketika sedang stress. Asupan makanan terutama makanan bergizi dapat meningkatkan mood anda sehingga stress dapat terkelola dengan baik.

Berdoa 


Berdoa merupakan upaya yang dilakukan agar anda dapat mencurahkan segala masalah yang mengganjal. Berdoa akan membuat anda menjadi tenang dan nyaman. Dengan berdoa masalah akan terasa ringan dan stress dapat terkelola dengan efektif.


Nah itu adalah upaya yang bisa dilakukan untuk mengelola stress secara efektif. Stress memang tidak bisa dihindari akan tetapi dapat dikelola dengan efektif agar anda dapat menikmati hidup dengan pandangan yang positif dan bermakna.

Semoga bermanfaat  :)


Anonymous
Anonymous

Previous
Next Post »

Post Comment