Tips Mengelola Gaji Agar Tak Boros



Badinesia.com - Menjadi hal yang membahagiakan ketika di akhir/awal bulan Anda mendapat gaji. Gaji sejatinya merupakan reward/penghargaan selama Anda bekerja sebulan penuh. Meskipun begitu bukan berarti Anda bisa menggunakan gaji untuk membeli barang diluar kebutuhan. Oleh sebab itu mengelola dan mengatur gaji penting dilakukan agar tak boros. Nah berikut badinesia akan memberikan tips agar gaji dapat terkelola dengan baik. 

1. Punya Anggaran

Anggaran penting dilakukan agar pengeluaran tak melebihi batas. Atur dan kelola pengeluaran untuk membayar kewajiban dan membeli kebutuhan yang diperlukan. Mulailah mengatur anggaran Anda agar sisa gaji Anda dapat Anda tabnng dan berinvestasi untuk masa depan. 

2. Prioritaskan Membayar Tagihan

Bayar tagihan-tagihan Anda sesaat setelah Anda menerima gaji. Seperti membayar tagihan listrik, telepon, dsb. Prioritaskan membayar tagihan agar Anda merasa tenang dan tidak memiliki hutang. 

3. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Hal ini perlu dilakukan agar Anda tak tergoda membeli sesuatu diluar kebutuhan. Memang barang tersebut terlihat menarik di amta Anda, namun perhatikan manfaat jangka panjang yang Anda peroleh. Anda masih memiliki tas yang layak dan bagus dipakai, lantas mengapa Anda menginginkan tas lucu yang terpajang di mall ? Tekan dan tahan keinginan sesaat Anda. Keinginan ini sesungguhnya penyebab keborosan.

4. Pikirkan Diri Sendiri

Aturlah keuangan dengan bijak untuk memenuhi keinginan-keinginan Anda. Hal ini akan menjadi motivasi bagi Anda agar mau menabung. Menabung tidak hanya untuk membeli  sesuatu yang Anda inginkan, namun untuk kepentingan Anda di masa depan. 

5. Jangan Gunakan Kartu Kredit

Ingat kartu kredit bukanlah uang gratis. Apabila Anda tidak menggunakannya secara bijak maka jangan kaget saat mengetahui tagihannya. Jadi usahakan untuk tidak menggunakan kartu kredit.

Nah itu adalah tips-tips agar gaji Anda dapat terkelola dengan baik. Usahakan agar tak boros saat menerima gaji ya, :)

Baca juga artikel menarik berikut ini...

21 Tanda Anda Terlahir Sebagai Seorang Pembisnis Handal


Anonymous
Anonymous

Previous
Next Post »

Post Comment