Tips Agar Tak Lembur Bekerja



Badinesia.com - Deadline tugas menumpuk ?Banyak tugas lain yang belum terselesaikan ?Pusing karena tangan kita hanya dua? Terkadang kita berangan dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan tangan yang banyak atau seandainya diri kita bisa dikloning agar pekerjaan dapat cepat selesai. Tapi itu tidak akan mungkin terjadi, stop berkhayal dan berangan-angan. Pekerjaan menumpuk memang memaksa kita untuk segera menyelesaikannya terlebih deadline tugas yang tinggal menghitung hari.

Lembur sesekali memang tak masalah. Tapi apabila dilakukan secara sering apakah itu baik ?Selain membuat kesehatan kita terganggu, lembur terlalu sering juga membuat kita kurang memiliki waktu luang yang cukup untuk beristirahat. Begitulah para dilema pelembur kerja ketika harus menggadaikan kesehatan demi pekerjaan. Namun sebetulnya ada berbagai cara agar pekerjaan kita dapat kita atur tanpa lembur . Berikut badinesia akan mengulasnya untuk anda:

1. Komitmen 


Ketika kita mendapatkan tugas untuk diselesaikan dengan deadline tertentu. Segeralah untuk mengatur jadwal dalam melaksanakan pekerjaan tersebut sesegera mungkin. Janganlah kalian menunda pekerjaan tersebut untuk suatu kegiatan lain diluar tugas. Komitmen pada tugas juga membuat anda lebih  memprioritaskan suatu tugas tersebut. Kerjakan tugas satu persatu dan jangan mencampuradukkan dengan tugas lainnya. Fokus pada satu tugas dan berkomitmen pada tugas tersebut akan membuat tugas cepat selesai daripada mencampuradukkan semua tugas dan membuat anda menjadi pusing. 

2. Berorientasi pada Output


Berorientasi pada output/hasil kerja akan memudahkan anda untuk memiliki motivasi dalam menyelesaikan tugas. Ketika kita memikirkan manfaat yang didapat setelah pekerjaan selesai maka akan timbul keinginan untuk sesegera menuntaskan pekerjaan. Misalkan ketika pekerjaan selesai maka kita akan memiliki waktu untuk beristirahat dan berkumpul dengan keluarga/teman-teman. Tapi tetap lakukan pekerjaan dengan proses yang sesuai agar hasil pekerjaan juga berkualitas

3. Nyalakan Psychological Clock


Setiap orang sebetulnya memiliki alarm otomatis yang dipasang otak. Alarm ini akan mengingatkan mental kita kapan saatnya untuk memulai pekerjaan dan berhenti melakukan pekerjaan Hal ini karena otak tahu apa yang terbaik untuk kita. Maka dari itu sebaiknya pahami alarm mental anda. Ketika anda tahu sesuatu hal tersebut tidak terlalu penting untuk dilakukan sebaiknya tinggalkan dan fokus pada pekerjaan anda agar tugas dapat cepat selesai. Lalu ketika alarm mental anda memberitahu anda untuk berhenti melakukan pekerjaan, maka berhenti dan beristirahatlah sejenak sebelum memulai pekerjaan. Mengistirahatkan otak bermanfaat agar otak dapat lebih fokus melakukan pekerjaan. 

4. Pahami Ritme Anda 

Setiap orang memiliki ritme masing-masing. Ritme ini adalah suatu kebiasaan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan. Ritme ini bisa lambat atau cepat. Sebagai contoh saat orang terbiasa bangun dipagi hari dan tidur sebelum larut malam maka ritme akan membiasakan diri sehingga seseorang cenderung akan aktif bekerja di pagi hari. Begitu sebaliknya, ketika seseorang terbiasa bangun siang dan tidur larut malam, maka ritme akan mengikuti kebiasaan ini sehingga bisa jadi pagi hari bukan waktu yang tepat untuk bekerja. Maka dari itu, kenali ritme anda agar dapat semaksimal mungkin menyelesaikan tugas dalam pekerjaan. Akan lebih baik apabila anda bekerja dipagi hari dan tidur sebelum larut malam. Hal ini karena pagi hari adalah waktu yang efektif dalam melakukan pekerjaan dimana energi dan kondisi tubuh yang masih fit dan segar. Tidur sebelum larut malam juga bermanfaaat bagi kondisi tubuh agar tetap fit dan bugar dipagi hari sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan optimal. 

5. Jika Memang Memaksakan Anda Untuk Lembur Pastikan Tetap Jaga Kesehatan 


Menjaga Kesehatan sangatlah penting bagi anda yang tetap tidak bisa menghindari lembur. Hal ini karena ketika tubuh tetap dalam kondisi fit, maka pekerjaan dapat dikerjakan semaksimal mungkin. Hindari makanan maupun minuman yang memicu bahaya bagi kesehatan.Konsumsi makanan yang bergizi, seperti buah atau sayur dengan kandungan gizi yang pas serta beri asupan gizi pada tubuh dengan mengkonsumsi vitamin . Minuman seperti kopi juga perlu dijaga agar tak berlebihan dikonsumsi untuk membuat malam anda terjaga, pastikan sesekali beri jeda agar tidak kecanduan. Minum air putih juga penting agar tubuh tak dehidrasi dan kekurangan cairan saat anda sibuk menyelesaikan suatu pekerjaan.


Berikut adalah tips bagi anda para pelembur kerja agar tidak lembur lagi dalam menyelesaikan suatu tugas dalam pekerjaan. Bijaklah ketika mengharuskan diri untuk lembur, jangan sampai lembur membuat tubuh menjadi kurang fit dan bertenaga. Karena apabila tubuh menjadi kurang fit maka produktivitas kerja juga akan menurun. (beberapa terinspirasi dari www.cleo.co.id)
Anonymous
Anonymous

Previous
Next Post »

Post Comment