Cara Sederhana Hilangkan Kelelahan Akibat Bekerja

Badinesia.com – Lelah adalah hal lumrah yang siapapun pernah mengalaminya, tidak terkecuali para pekerja. Meskipun tergolong dalam kategori umum, namun kelelahan bukanlah kondisi normal dalam biologis tubuh. Bahkan banyak di antara kita yang menganggap sepele kondisi semacam ini. Baginya, bukan masalah besar ketika tubuhnya mengalami kelelahan sepanjang hari.

Tanpa disadari, kondisi terlalu lelah bisa menimbulkan dampak negatif dalam aspek kehidupan seseorang. Entah itu dari sisi kehidupan keluarga, pekerjaan, hingga kegiatan lainnya yang tidak menutup kemungkinan bisa menjadi korban, utamanya kondisi kesehatan. Walau bagaimanapun, tubuh membutuhkan energi cukup untuk melakukan segudang aktivitas. Berikut lima cara yang bisa Anda praktikkan untuk mengisi ulang energi yang sering terkuras.

1. Perbanyak gerak
Pasti sebagian besar dari Anda setuju jika olaharaga adalah kegiatan yang paling sulit dilakukan. Sering kali lupa atau bahkan sengaja lupa melakukan aktivitas satu ini di saat pekerjaan menumpuk. Kalaupun Anda memiliki waktu senggang, tidak jarang justru Anda gunakan untuk hangout bersama teman dan melakukan kegiatan lain yang sebenarnya akan semakin menguras energi. Padahal, banyak studi yang telah membuktikkan bahwa aktivitas fisik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Tidak harus dengan olahraga berat, cukup lari pagi atau sekedar jalan santai, bersepeda, dan yoga bisa membantu memproduksi energi yang Anda butuhkan.
2. Perbanyak minum air
Ibarat kendaraan bermotor yang selalu membutuhkan bensin untuk menghidupkan mesin, tubuh pun sama halnya. Tubuh akan terus membutuhkan air untuk menjaga diri dari dehidrasi dan tetap aktif. Pasalnya, kondisi dehidrasi atau kekurangan air setidaknya akan mengganggu kinerja fisik. Dehidrasi juga berpotensi menurunkan tingkat konsentrasi seseorang. 


3. Istirahat cukup
Salah satu penyebab utama tubuh cepat mengalami kecapekan adalah kurang istirahat. Kondisi semacam ini sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan. Selain untuk meningkatkan energi, istirahat cukup ternyata juga membantu meremajakan kulit. Tubuh akan terlihat lebih segar dan tetap waspada sepanjang hari.

4. Diet yang sehat
Menghilangkan timbunan lemak jahat dalam tubuh dipercaya bisa memberikan dorongan energi yang kuat. Bahkan sedikit saja lemak yang berhasil dibuang akan meningkatkan semangat dan kualitas hidup. Namun yang perlu digarisbawahi, program pengurangan lemak bukan berarti Anda menghilangkan jatah asupan gizi. Diet yang sehat adalah mengurangi porsi makan dari biasanya dan memakan makanan bergizi serta diimbangi dengan olahraga, minimal dalam sehari Anda memiliki aktivitas fisik.

5. Tidak melupakan sarapan pagi
Makanan ringan mungkin menjadi makanan favorit Anda ketika bersantai. Tidak mengapa hal ini dilakukan asalkan mengerti batasannya. Namun Anda juga tidak boleh meninggalkan kebiasaan satu ini, yaitu sarapan. Tidak sedikit orang menyepelekannya dan sering mengabaikan sarapan. Padahal sarapan merupakan jadwal makan yang paling penting. Teratur dan mengisi sarapan dengan makanan yang sehat akan meningkatkan energi Anda untuk bekal merampungkan segudang aktivitas dalam sehari.

Badi
Badi

Previous
Next Post »

Post Comment