Tradisi Unik yang Dilakukan Pada Bulan Ramadhan di Indonesia

Badinesia.com - Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat muslim yang datang tiap tahunnya. Setiap kali datangnya bulan puasa pasti ada banyak kisah dan tradisi yang bisa menjadi cerita bersama. Berikut ini berbagai tradisi unik dalam rangka merayakan bulan Ramadhan di Indonesia.

Dugderan ( Semarang, Jawa Tengah )

Merupakan tradisi yang turun temurun diadakan di Simpang Lima Semarang. Pesta rakyat ini seringali dimeriahkan dengan adanya kembang api. 


Munggahan ( Jawa Barat )

Di Provinsi Jawa Barat terdapat tradisi unik menjelang bulan puasa. Namanya Munggahan, acaranya seluruh keluarga berkumpul bersama, buka bersama, beribadah bersama dan lain sebagainya. Tidak hanya berkumpul, acara ini menjadi wadah silaturahmi hingga shalat Tarawih bersama. 


Dandangan ( Kudus, Jawa Tengah )

Acara dandangan diadakan selayakanya pasar malam. Dalam acara tersebut banyak penjual kebutuhan puasa dan seringkali diadakan lomba bedug. Lokasinya di Menara kudus membentang ke jalan perempatan pakojan. 


Nyorog ( Betawi )

Warga Betawi mempererat silaturahmi saat bulan Ramadhan dengan acara Nyorog. Dalam acara ini 
Nyorog dilakukan oleh warga Betawi demi menjaga dan saling mempererat silahturrahmi. Pada tradisi ini, para warga akan saling bertukar bingkisan baik makanan dan lain sebagainya. Terutama dilakukan kepada yang usianya lebih tua.



Padusan ( Jawa )

Padusan sering dilakukan oleh suku Jawa. Biasanya warga akan berbondong-bondong menuju mumbul atau mata air dan mandi bersama. Tradisi ini digelar sejak satu minggu sebelum masuk Ramadhan. 



Jalur Pacu ( Kuantan Singingi, Riau )

Jalur pacu dikenal di Riau, merupakan lomba dayung yang digelar sehari sebelum Ramadhan. Kemudian ditutup dengan acara bersuci yang disebut Balimau Kasai.


Meugang ( Nangroe Aceh Darussalam )

Satu atau dua hari sebelum datangnya bulan puasa masyarakat Aceh akan menyembelih hewan ternak dan memakannya bersama-sama. Sekaligus juga menjalin silaturahmi. 


Badi
Badi

Previous
Next Post »

Post Comment