Tips Agar Tetap Fit dan Sehat saat Berpuasa

Badinesia.com- Marhaban Yaa Ramadhan tak terasa bulan suci penuh berkah ini datang kembali. Alangkah bahagianya kita masih bertemu di bulan suci ini. Bulan Ramadhan memang mengharuskan kita untuk menahan lapar, nafsu, dan dahaga selama seharian penuh hingga tiba waktunya berbuka. Saat berpuasa selama seharian penuh tentulah terkadang membuat badan terasa lemas dan kurang fit dalam menjalani aktivitas. Hal ini menjadikan Anda merasa malas untuk melakukan sesuatu. Namun ada beberapa tips agar Anda tetap fit dan sehat saat menjalankan puasa hingga waktunya berbuka, berikut badinesia akan berbagi tipsnya :


Saat Sahur Hindari Makanan/Minuman Manis 

Makanan/minuman yang mengandung banyak gula tidak disarankan saat sahur. Hal ini karena makanan/minuman manis akan membuat Anda merasa lemas disiang hari. Konsumsi makanan/minuman yang sehat seperti sayuran maupun makanan bergizi lainnya agar tubuh tetap fit dan sehat.

Konsumsi Buah dan Perbanyak Minum Air Putih saat Sahur 

Mengkonsumsi makanan.minuman yang mengandung banyak air penting dilakukan saat sahur. Hal ini karena makanan.minuman yang mengandung banyak air akan menjaga tubuh dari dehidrasi. Minum air putih dan konsumsi buah sebelum waktu imsak tiba, Hindari pula minuman berkafein seperti teh dan kopi karena bersifat diuretik yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi. 

Susu Baik diminum saat Sahur 


Minum Susu saat sahur juga penting untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat. Susu akan mencegah anemia yang membuat badan lemas di siang hari. Selain itu konsumsi juga suplemen atau vitamin untuk menambah stamina tubuh Anda di siang hari.

Kurangi Stress Saat Bekerja


Saat bekerja usahakan untuk bekerja dengan perasaan senang dan tanpa beban, Hal ini karena stress saat bekerja akan membuat Anda menjadi bertambah lemas sehingga menimbulkan rasa lapar dan haus. 


Bila Memungkinkan Istirahatlah Sejenak 

Mengistirahatkan tubuh pada siang hari juga penting dilakukan. Waktu sholat Dhuhur adalah waktu yang tepat untuk beristirahat. Anda juga bisa tidur selama 15 menit untuk mengumpulkan energi agar tubuh kembali segar dan fit. 

Olahraga Sore Sebelum Berbuka

Bila memungkinkan lakukan olahraga sore seperti lari keliling komplek rumah, yoga ataupun bersepeda juga bisa Anda lakukan, Sembari menunggu datangnya waktu berbuka, tubuhpun akan menjadi lebih bugar dan sehat, 

Jangan Kalap Saat Berbuka

Saat berbuka puasa hindari makan secara berlebihan. Lakukan Sunnah yang diajarkan Rosul terlebih dahulu seperti makan kurma dan minuman manis. Minum juga cukup air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa. Kurangi gorengan dan makanan besar/hidangan utama saat waktu berbuka, Lebih baik laksanakan solat maghrib terlebih dahulu/seusai solat tarawih untuk menyantap hidangan utama agar perut tak kaget.  


Nah berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda dan keluarga terapkan untuk menjalani puasa di bulan Ramadhan ini. Alangkah indah dan bahagianya ketika menjalankan ibadah puasa tubuh Anda tetap bisa fit dan sehat. 

Marhaban Yaa Ramadhan, Badinesia.com mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1436H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin, Semoga di bulan puasa ini semakin bertambah ibadah dan iman kita untuk selalu takwa pada Allah SWT. Aminn Yaa Rabbal'Alamin 


Anonymous
Anonymous

Previous
Next Post »

Post Comment