Rahasia Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Orang Lain


Badinesia.com - Berbicara adalah hal yang esensial dalam hidup yang membedakan  manusia dengan spesies lainnya. Berbicara tidak hanya mengeluarkan suatu topik tertentu, akan tetapi ini tentang bagaimana menjalin pembicaraan yang baik dengan orang lain. Bagaimana komunikasi anda lancar dan membuat orang merasa nyaman dengan anda. Jika anda merasa skill komunikasi anda masih kurang,  Maka hal-hal berikut ini harus anda terapkan. 

1. Antusias

Antusias merupakan hal yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi. Apabila ada orang yang mengajak Anda untuk berbicara maka dengarkan dan responlah dengan antusias. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan senang ngobrol dengan Anda. 

2. Memiliki Wawasan Luas

Memang membaca adalah jendela dunia.Apabila Anda banyak membaca otomatis wawasan Anda akan bertambah luas. Tak heran wawasan luas akan membantu Anda untuk berbicara dengan orang lan. Ciri pembicara yang baik adalah mereka memikirkan dan membicarakan isu-isu dan pengalaman luas diluar kehidupan mereka sehari-hari.

baca juga artikel selanjutnya

Pengguna Warnet Ini Syok Melihat Headset yang Jadi Sarang Tumila

3. Tunjukkan Empati

Orang yang paling enak diajak bicara adalah dia yang dapat memahami apa yang kita rasakan dan kita katakan. Apabila Anda bercerita kepada seseorang ketika mendapatkan pekerjaan baru, tentulah Anda berharap mendapat ucapan selamat dan antusiame dari orang tersebut. Sebagai contoh percakapan Anda dengan lawan bicara Anda (teman):

Teman   : "Aku mendapat pekerjaan baru di PT.Badinesia lho "
Anda     :" Wah selamat ya, aku bangga padamu, kapan mulai bekerja ?"
dan ditambah obrolan menarik lainnya akan membuat teman Anda merasa lebih dihargai dan dipahami, daripada dengan obrolan seperti ini

Teman   : "Aku mendapat pekerjaan baru di PT.Badinesia lho "
Anda     : "Oh ya ?"
tanpa ditambahkan obrolan lainnya yang mengesankan bahwa Anda tidak menunjukkan rasa empati pada teman Anda  

4.  Ingin Tahu Lebih Banyak

Tunjukkan keingintahuan Anda pada orang yang Anda berbicara dengan Anda. Pembicara yang baik adalah mereka yang selalu ingin tahu tentang segala hal. Itulah sebabnya mereka pandai mendengarkan dan mempunyai cakrawala luas. Hal itu membuat mereka mempelajari sesuatu yang baru.  

5.  Memiliki Selera Humor

Candaan seperti humor terkadang perlu dilakukan agar pembicaraan tidak terkesan kaku dan sepaneng, Menunjukkan selera humor juga perlu dilakukan karena lawan bicara Anda akan menganggap Anda adalah orang yang seru dan asyik. Tak heran pula bila mereka akan ketagihan untuk ngobrol dengan Anda. 


6. Memiliki Gaya Sendiri

Gaya Anda sendiri merupakan salah satu aspek terpenting dalam menjalin komunikasi, Hal ini berarti bahwa Anda percaya pada diri Anda sendiri, Selain membuat Anda merasa nyaman karena menjadi diri sendiri. Lawan bicara Anda pun juga akan menganggap diri Anda sebagai orang yang tegas, unik, dan berkarakter. Memiliki gaya sendiri juga merupakan ciri khas dari pribadi Anda. 



Anonymous
Anonymous

Previous
Next Post »

Post Comment