Strategi Penting Marketing Untuk Freelancer


Badinesia.com - Freelancer ialah seorang tenaga pemasar di sebuah perusahaan yang berstatus lepas kontrak. Artinya, pendapatan finansial atau gajinya ditentukan oleh jumlah produk yang berhasil terjual. Semakin banyak unit barang yang dibeli konsumen, maka komisi yang diperoleh kian meningkat. Jadilah pekerja yang profesional dengan beberapa strategi jitu berikut ini.

1. Persiapan pribadi
Analisa karakter diri Anda sendiri, siapkanlah mental, fisik dan spiritual sebelum memulai pekerjaan. Profesi Anda menuntut untuk selalu aktif di lapangan, secara langsung bertatap muka dengan calon konsumen. Kepiawaian penjelasan yang diberikan besar pengaruhnya terhadap proses penjualan. 
Tersampaikaiannya informasi seputar produk yang sesuai dengan selera masyarakat menjadi daya pikat tersendiri. Gunakan bahasa yang mudah dipahami tetapi tetap santun. Kalimat-kalimat persuasif efektif guna mendorong rasa ingin tahu sebelum akhirnya berminat untuk membelinya.

2. Gali atau cari karakter yang mendukung
Setiap individu memiliki karakter yang berbeda-beda, mutlak harus ada pada diri marketing freelance ialah supel dan energik. Kedua sifat tersebut mampu beradaptasi secara cepat dengan orang baru. Banyaknya target yang harus Anda capai membuat keaktifan pergaulan Anda menjadi kuncinya.

3. Bidik pangsa pasar
Salah satu penentu keberhasilan penjualan produk ialah ketepatan membidik pangsa pasar. Anda sebagai tenaga pemasar harus menguasai medan sebelum terjun langsung. Survei dan mencatat lokasi-lokasi yang menurut Anda potensial perlu dilaksanakan. Sesuaikan antara produk dan calon pembeli berdasarkan kebutuhan serta kemapanan finansial mereka.

4. Bangun pencitraan perusahaan
Nama besar perusahaan menyumbang prosentase cukup besar. Konsumen akan merasa yakin membeli produk keluaran perusahaan ternama. Bangun brand yang kuat agar Anda lebih mudah masuk pasar. Butuh waktu relatif lama memang tetapi jika sudah berhasil, konsumen justru berbalik mencari Anda guna memperoleh produk.

5. Lokasi pemasaran
Lokasi pengenalan produk Anda tempatkan pada area yang mudah dijangkau oleh bidikan pangsa pasar. Beriktahu mereka bahwa ada gebarakan baru dari perusahaan yang pastinya menguntungkan. Bisa juga Anda pilih satu titik yang banyak dilewati atau dikunjungi banyak orang. Titik yang dimaksud berupa area sekitar pusat perbelanjaan, taman kota dan tempat umum lainnya.

6. Keunggulan produk
Konsumen membeli suatu produk tentu terkait keunggulannya agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Pastikan Anda menerangkan kelebihan tersebut secara mencolok dan memiliki perbedaan dari barang sejenis miliki pesaing. Singkirkan kompetitor dengan cara terhormat, yakni terus meningkatkan mutu dan pelayanan.

7. Persaingan harga
Harga produk jadi dapat dibuat lebih rendah dari pesaing, ini akan menjadi keistimewaan tersendiri bagi masyarakat. Pilih pemasok bahan baku dari produsen tingkat pertama, pasti harganya bisa di nego. Tekan biaya produksi, gunakan peralatan modern untuk menyingkat waktu dan meminimalisir karyawan.

8. Promosi 
Kegiatan inti dari semua tahapan yang telash diulas ialah promosi. Banyak cara yang bisa Anda lakukan, yakni konsep door to door, sistem online dan offline. Sarana yang dapat dipakai diantaranya brosur, pamflet, koran, TV dan media sosial. Jadilah freelancer yang berpenghasilan tinggi, buktikan bahwa Anda mampu meraup pundi-pundi rupiah lebih banyak dibanding pekerja tetap. (IKF)

Badi
Badi

Previous
Next Post »

Post Comment