Jakarta Menjadi Kota Yang Memiliki Bahasa Terbanyak Di Dunia


Badinesia.com -  Jakarta adalah salah satu kota yang ada di Indonesia. Kota ini juga merupakan ibukota negara Indonesia. Selain sebagai ibukota negara, Jakarta juga terkenal sebagai kota metropolitan. Jakarta juga terkenal dengan berbagai masalah yang ada di dalamnya. Adapun berbagai masalah yang sudah dikenal diantaranya adalah banjir dan mancet. Semua masalah itu seakan sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat Jakarta. sejak jaman dulu sampai sekarang belum ada solusi yang bisa memecahkan atau menyelesaikan masalah tersebut. 

Jakarta sebagai ibukota negara memiliki perkembangan yang cepat. Semua sektor maju dan berkembang dengan cara yang cepat. Tidak hanya infrastrukturnya tapi juga mengenai sarana dan prasarana yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Berbagai fasilitas ini diberikan untuk bisa menunjang  dan membantu aktifitas masyarakat. Adapun berbagai fasilitas yang disediakan pemerintah di antaranya adalah bis umum, taman bermain, taman olah raga, hutan kota, kerta antar daerah dan masih banyak lagi lainya. 

Taman-taman bermain yang diberikan pemerintah sebagian besar dimanfaatkan masyarakat sekitar khususnya anak-anak muda untuk berkumpul dan bermain. Banyak anak muda yang memanfaatkan waktu berkumpulnya untuk mengembangkan kreatifitas bersama teman-teman tapi banyak juga anak-anak yang berkumpul  hanya untuk melakuakn hal yang tidak baik. Aktifitas inilah yang menyebabkan muncul atau terlahirnya berbagai  macam hal baru yang ada di masyarakat, Contohnya saja bahasa.

Taukah kalian bahwa Jakarta sekarang telah dinobatkan sebagai kota yang memiliki bahasa paling banyak di Dunia. Sebuah situs yang bernama Ethnologue mamasukan Jakarta sebagai kota yang memiliki bahasa terbanyak didalamnya. Situs ini sendiri merupakan situs yang berfokus pada perkembangan bahasa dunia. Situs ini  menganggap bahwa Jakarta mimiliki bahasa yang sangat beragam dan bermacam-macam. 

Selain kota Jakarta situs ini juga menyebutkan adanya kota-kota lain dengan bahasa terbanyak. Adapun kota –kota yang memiliki bahasa terbanyak lainnya adalah New Delhi di India, Port Moresby di Papua Nugini, Los Angeles di Amerika Serikat dan Lagos di Nigeria.

Alasan Jakarta bisa mendapat  predikat  sebagai kota yang memiliki bahasa terbanyak adalah karena sebagian besar penduduk di Jakarta adalah pendatang. Pendatang yang merantau ke Jakarta sendiri berasal dari berbagai macam suku bangsa di Indonesia. Kebanyakan dari mereka yang tinggal dan menetap di Jakarta masih menggunakan bahasa daerah masing-masing dalam kehidupan mereka sehari-hari. Indonesia sendiri sudah terkenal memiliki suku bangsa dan bahasa yang beragam. Antara suku satu dan lainnya memiliki  bahasa yang berbeda walaupun terkadang kita temui arti dan nama yang sama. Alasan inilah yang membuat bahasa di Jakarta menjadi banyak dan beragam. Hal ini jugalah yang membuat Jakarta memiliki nilai lebih dan menarik wisatawan asing untuk datang berkunjung ke Jakarta. (Aryani)

Badi
Badi

Previous
Next Post »

Post Comment