Tanggung jawab itu?

sumber gambar: http://bondhezh.files.wordpress.com/
Saya sangat yakin bahwa di dunia ini, semua orang, bahkan termasuk, aku, kamu, dia dan mereka pasti memiliki hati nurani yang bersih. Tak pernah memiliki niatan yang buruk apalagi menipu, mencuri atau bahkan membunuh.

Suatu hari saya ketemu dengan orang-orang yang terindikasi begitu, saya tidak melihat sedikitpun sisi gelap seperti halnya ada setan di matanya. Semua baik, tapi hati-hati jadi orang baik. Bisa jadi anda hanya dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Orang yang tidak bertanggung jawab, berarti dia buruk. Tidak punya hati nurani?. bukan-bukan. Saya kira semua keburukan memiliki motif tersendiri. Awalnya bermotif baik, tapi lama kelamaan motif itu menjadi buruk.

Sederhana saja, semua manusia dibekali kebaikan dan kesucian hati oleh Alloh SWT. Tinggal bagaimana dia mengelolanya dan bagaimana lingkungan membentuk. 

Tentang tanggung jawab.
Adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap insan, tanggung jawab pada orang lain yang dipimpinnya ataupun tanggung jawab pada dirinya sendiri. Menjadi penting kala tanggung jawab itu sudah jatuh tempo tuntutannya. Biasanya yang terasa adalah tanggung jawab pada orang lain, ini menjadikan kita melakukan lebih hal yang seharusnya lebih untuk menebus tanggung jawab itu.

Tanggung jawab pada dirinya sendiri, nah konsep ini yang terkadang belum banyak orang fahami. Kebanyakan orang merasa dirinya sendiri tak punya beban atau tanggung jawab. Ingat, kepada sang Pencipta kita akan dimintai pertanggung jawaban di akherat kelak. Di dunia kita pun harus bisa menjadi bertanggung jawab.

Sebagian orang menyebutnya "menjadi manusia yang seutuhnya." Manusia yang berani bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Hidup mandiri, mencari uang sendiri. Mempertanggung jawabkan ucapannya dan lain sebagianya.

Bertanggung jawab pada diri sendiri dengan cara memposisikan diri kita sebagai orang yang berguna dalam masyarakat dan lingkungan. Berani mengambil sikap dan mempertanggung jawabkannya. Mandiri bukan jadi benalu, mengerti bukan harus dimengerti, memahami bukan harus dipahami, bertindak bkan harus ditindak.

Saya mengajak kawan kawan pembaca semua, mari menjadikan diri kita sebagai manusia seutuhnya yang bisa bertanggung jawab atas hidup kita sendiri. Mandiri..!!

Follow @badinesia
Unknown
Unknown

Previous
Next Post »

Post Comment