Goes to Demak

Dua hari yang lalu tak berasa telah berkelana sampai ke demak. Walaupun ini kali pertamaku pergi kesana tapi serasa pernah kesana <djavue>, ya mungkin.
Disana saya bertemu dengan banyak orang baru, yang ku kenal hanya dua orang yang berangkat bareng, dengan misi menyampaikan amanah dari dosen untuk pengurusan pengabdian masyarakat beliau disana. Aji mumpung pula, kesempatan ini tek ambil agar dapat sekalian ngambil/nyicil pengambilan data PKL. Sebenarnya sih PKL masih satu tahun lagi, tapi entah kenapa saya dan salah satu dari angkatanku merupakan dua orang pertama yang mengambil PKL ini. Terasa memaksakan dan premature si sebenarnya tapi kalo bisa, kenapa ndak,,? lagian juga yang ngasih saran itu dari sekretaris lab, yang notabene juga menjadi panitia PKL.

Untung tak diuntung semoga keputusanku untuk mengambil lebih dini dari temen-temen seangkatan merupakan hal yang tepat. Semoga semua berjalan dengan lancar.

-Kembali sampai ke demak tadi, Banyak hal menarik yang ingin ku sampaikan ke kawan-kawan pembaca semua-
Hari itu adalah hari jumat yang amat pendek bagiku, karna harus ada ritual jumatan pas waktu dhuhur, Oh ya belum tek kasih tau ya, kami ke sana untuk menemui masyarakat nelayan di Demak, tepatnya di daerah Wedung.

Berangkat pukul 9.00 terlalu siang menurutku tapi katanya sih lumayan deket kalo perjalanan dari semarang hanya sekitar kurang dari dua jam, eh ternyata ban roda belakangku bocor dan terpaksa harus terpangkas lebih kurang 30 menitan untuk nambal ban, hmm,, diusahakan untuk cepat, tapi yang terjadi kami malah kesasar, aduh, repot banget.
Sebelum berangkat njemput senior dan orang yang tau jalan -bapak-bapak-

Jam sebelas pun sudah mulai sedikit menyingsing kebawah, sampai adzan jumat berkumandang janji pak penujuk jalan mau mampir ke masjid untuk jumatan... Eh.. ga tau kenapa malah jalan terus..
ditanya jumatan dimana, jawabnya. nanti aja bentar lagi nyampai..
setelah sampai jumatan pun dah tengah dimulai, dan ga keburu... aduuhhh...
serba salah...
tapi gmana lagi,.. kalo maksain sendiri nanti ketinggalan jejak,...

Sesampainya di rumah nalayan itu tek sempet sempetin langsung shalat Dhuhur buat ngganti tu shalat jumat.
Kami sampai di sana pun tak disangka disuguhi macem macem makanan -kaya orang penting saja-
tapi memang penting sih,, dan yang saya herankan dalam keluarga itu tak ada satupun yang pernah mengenyam pendidikan.. sungguh kasihan..
Bapak yang tertua bahkan sulit untuk mencerna bahasa indonesia, terpaksa kami harus pakai bahasa jawa, anak nya pun yang sekarang baru berkeluarga dan dikaruniai dua orang anak, lulus SD aja enggak.. katanya males lanjut sekolah tapi kerjaan ga dijamin.

Sebenarnya saya pengen sakali menanamkan pada mereka tentang pentingnya pendidikan, bukan hanya sebatas untuk mencari pekerjaan semata tapi lebih dari itu, pendidikan itu membuat kita lebih brasa hidup -susah juga neranginnya- apalagi pas ngomong dengan beliau juga rada rada kurang nyambung dan sesekali terjadi kesalah pahaman.. hemm.

Beberapa minggu lagi insy, saya akan mengambil data disana untuk beberapa kali, semoga bisa memanfaatkan waktu bukan hanya untuk pengambilan data tetapi juga untuk sedikit membagikan ilmu dan pengetahuan untuk masyarakat disana. amin
Badiuzzaman
Badiuzzaman

Previous
Next Post »

Post Comment