Jangan mengeluh "Teruslah belajar dan Belajar"

 Esok hari tak terasa sudah Ujian Akhir semester 4. Persiapan sedari waktu yang lalu telah menghiasi pikiranku, banyak sekali materi bergejolak di dalam kepalaku, hati pun bergetar tak sabar menemui penantian di dapan lembar jawab ujian...
Kedatanganmu terasa cepat untukku, sedari tengah semester lalu telah ku tunggu waktu-waktu seperti ini..
Harus tetap semangat untuk meraih mimpi dan harapan..

Saya jadi teringat beberapa waktu yang lalu ketika mengikuti acara sarasehan dan diskusi panel bersama direksi jurusan, dosen dan dekan fakultas yang kini tempatku menuntut ilmu...
Hari itu hari yang cerah dan segar untuk berfikir cemerlang,
Seperti biasa sambutan sambutan mengawali acara pada hari itu, walau agak membosankan namun terkesan dipaksakan.. hmm,, terus ku ikuti bersama perwakilan angkatan dan organisasi lainnya. Kala itu aku elukan sekali untuk tinggal kelas, alias ga ikut kuliah demi mengikuti sarasehan itu.

Pengorbananku tak kuliah pun harus memuahkan hasil, waktu demi waktu berjalan dan berlalu. Waktunya untuk diskusi bersama, dengan semangat aku acungkan tangan kanan, namun nasib belum berujung padaku, teman-teman yang lebih senior yang diberikan kesempatan lebih untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat (mungkin ini waktu2 terakhir mereka).. ya ga papa lah..

Kesel rasanya ga punya kesempatan bertanya dan mengeluarkan unek-uneku, tapi saya di lain waktu aku akan lebih beruntung lagi..

Heran rasanya mendengarkan pertanyaan dan keluh kesah dari teman teman yang siberi kesempatan untuk bertanya, bukanya memberikan solusi untuk berkembangnya fakultas di waktu yang akan datang, tapi malah justru mencari-cari kesalahan dan seolah banyak sekali yang kurang dari fakultas ini...
Ingin ku luruskan kembali pandangan mereka, fakultas kita sedang berkembang layaknya pertumbuhan makhluk hidup, jadi ga akan ada yang sempurna. Tergantung bagaimana kita memaksimalkan laju perkembangan menjadi supercepat..

Apapun  itu pasti kita masih belajar untuk bijaksana, mari kita mulai untuk berfikir realistis dan sedikit bijak menyikapi apa yang ada di sekeliling kita.

Sebelum acara itu ditutup, kami para mahasiswa diberi kesempatan untuk berjabat tangan dan mengobrol face-to face dengan para dosen dan profesor yang ada disana, kebetulan sekali senior yang tadi menanyakan hal yang tajam dan kritis baren sama aku, ketemu tuh sama prof. N.. Setelah berjabat tangan diajak bareng sama aku bincang2 dan memberi wejangan wejangan kecil. Masih teringat sampai sekarang kata-kata beliau yang sangat menyejukan hati setelah mendengar perdebatan sengit antara mahasiswa dengan dosen-dosennya.. beliau berkata:
"Zha.. (kebetulan itu panggilanya), jangan banyak mengeluh dan mengkritisi, teruslah belajar, belajar dan belajar serta beri contoh orang lain dengan prestasimu..!!"

Speeclessssss...........
Badiuzzaman
Badiuzzaman

Previous
Next Post »

Post Comment