Menemukan Jaringan dengan Cara Unik

dokumentasi pribadi/lokasi tempat makan kejadian
Siapa bilang menemukan jaringan itu sulit, tinggal kenalan dengan orang lain apa susahnya. Tinggal memperkenalkan diri apa repotnya. Tapi ini bisa dilakukan jika anda memiliki mental kuat loh. Kalau anda masih terkungkum dalam sebuah noktah bernama "keminderan" jelas sangat susah untuk membentuk jaringan.

Saya sangat respek dengan orang-orang yang gampang bergaul dan gampang banget akrab dengan orang lain. Apalagi dengan orang yang baru dikenalnya. Namun hati-hati biasanya orang ini memiliki kecenderungan tidak setiap pada teman, karena dengan gampangnya dia bisa menemukan teman baru. Tapi tidak usah kuatir, itu hanya teori belaka. Prakteknya anda pasti punya teman yang bertahan selama bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup lamanya.

Kembali dengan topik mencari jaringan, barusan saja tadi siang saya menemukan tips baru dalam menemukan jaringan. Terutama jaringan bisnis. Nah ceritanya begini.

Siang tadi, saya berkebetulan sedang menikmati wisata kuliner. Hal paling dicari oleh para pelancong seperti saya, mencoba hal-hal baru terutama di bidang kuliner. Tengah hari bolong, waktunya makan siang. Bersama kawan kawan, kami mampir di sebuah kafe/rumah makan yang boleh dikatakan lumayan besar. Lokasinya cukup strategis untuk sebuah lokasi kuliner. Tempatnya luas, namun sayang pengunjungnya sedikit.

Nah setelah acara makan-makan usai, saya melihat ada tulisan. 
"Jika anda puas, beritahu teman. Namun jika tidak puas, beritahu kami." dan dibagian bawah tulisan tersebut terdapat nomor telepon. Saya tidak berfikir itu nomor telepon pemiliknya, atau mungkin saja nomor telepon CS, bagian manajemen atau semacamnya.

Nah waktu itu, tanpa pikir panjang saya pun melayangkan kritik melalui pesan singkat (sebut SMS). Tanpa berharap menunggu balasan kami rombongan kembali ke Semarang, nah sesaat saya langsung menilik Hp. Ada pesan balasan berupa terimakasih atas kritik dan sarannya. Beberapa menit kemudian ada telepon masuk, nah ternyata beliau adalah pak Totok, pemilik rumah makan itu. Sekilas saya biasa, dan aneh juga ternyata bisa direspon baik seperti ini. Sampai beliau mengajak kenalan, dan jika sempat sedang ada di semarang bisa bersilaturahmi dan ngobrol langsung.

Enjoy kan, tidak aneh memang. Tapi terkadang kita memiliki kesempatan untuk membangun jaringan dengan cara seperti ini. Bukalah kesempatan seluas-luasnya untuk berinteraksi dengan dunia luar. Niscaya anda akan menemukan jaringan yang lebih banyak.

@badinesia
Badi
Badi

Previous
Next Post »

Post Comment