Speak Up man..!!!

Belajar berbicara di depan umum adalah segalanya bagi beberapa orang yang ingin maju dan berkembang. Senang memang jika usaha kita untuk belajar bicara bisa terkabulkan. Namun terkadang banyak hal yang sebenarnya penting untuk diperhatikan dalam etika speak up. Sekedar sharing saja, bukan menggurui atau memberi pengajaran tapi untuk bisa saling mengerti dan memahami.

Hal penting pertama yang harus diperhatikan adalah berbicara untuk mengerti . Banyak orang yang berbicara tidak pada waktu dan tempatnya. Bukan membuat orang lain senang padanya tapi justru sebaliknya. Banyak orang yang benci mendengarkannya karena dia terlalu lama jika berbicara di depan umum. Terlalu menikmati apa yang dia sedang sampaikan dan tidak bisa mengerti apa yang di inginkan para pendengar. Mengertilah apa yang sebenarnya pendengar itu pikiran karena itu akan lebih baik.

Berikutnya, Jangan terlalu banyak membicaraan diri sendiri . Asik memang jika kita bercarita tentang diri kita sendiri, bahkan sering saya melihat seseorang yang asik menceritakan dirinya sendiri dan terlalu menikmatinya hingga orang lain bosan mendengarnya. Apalagi jika cerita itu sudah berulang kali diceritakan pada orang yang sama.

Jangan jadi orang yang suka EXis kesalahan banyak orang yang baru pertama kali belajar speak up, tergila-gila dengan ketenaran dan ingin jadi terkenal. Bukan itu sebearnya esensi dari berbicara di depan umum tapi lebih dari itu, speak up itu menyampaikan apa yang seharusnya anda sampaikan dan membagi pengetahuan pada orang yang sedang mendengar anda.

Berikan pikiran baru. Berbicaralah yang penting-penting saja dan berikan pikiran baru. Pernah saya berdiskusi dengan seorang editor koran terkemuka, beliau mengatakan bahwa tulisan atau pembicaraan orang yang paling baik adalah sesuatu yang memberikan pikiran dan wawasan baru. Jika kita hanya mengutarakan hal yang umum dan sudah menjadi pengetahuan yang biasa itu mengibaratkan ilmu dan pembahasan kita masih sangat dangkal. Jangan jatuhkan nama baik kita dengan hal yang kurang berarti...
Badiuzzaman
Badiuzzaman

Previous
Next Post »

Post Comment