Pejalanan panjang



 Semua orang mendambakan kesuksesn di bidangaya masing masing. Hanya saja mereka menempuh jalan yang berbeda beda untuk mendapatkan setiap kesuksesan yang mreka inginkan. Seperti halnya kita, kekka kita mengusahakan sebuah kesuksesan kita punya seribu jalan untuk mendapatkannya namun dari seribu macam cara itu hanya ada satu yang cocok bag kita. Sebutlah itu sebagai keberuntungan jika kita pertama kali mencoba dan langsung tepat mengambil pilihan yang sesuai dengan kita. Namun kebanyakan orang cenderung ankan melakukan hal yang salah dalam perjalanan menuju puncak kejayaan itu. Hingga pada akhirnya nanti dia akan beruntung mendapatkan keberhasilan sesuai usaha kerasnya.

Perjalanan untuk menggapai keinginan kita tak semudah dan segampang  kita membalikan telapak tangan. Perjalanan itu pun tak secepat kita naik kereta sinkansen, tapi itu semua butuh proses. Proses yang panjang untuk mendapatkan sesuatu yang didambakan. Jika sebagian dari kita tidak percaya pada hal itu maka kita akan cenderung menyerah sebelum berhasil meraihnya. Seperti kata pepatah yang pernah disampaikan oleh senior saya tentang sebua kisah seorang kakek yang memukul batu besar hanya dengan satu pukulan batu itu akan pecah, padahal sudah seribu kali dicoba oleh pemuda berbadan besar dan kekar namun tidak ada hasilnya. Ketika itu seorang pemuda yang menggunakan sekuat tenaga mencoba memecahkan batu besar itu namun tk pecah juga. Dan akhirnya setelah pemuda itu menyerah datanglah seorang kakek yang membawa tongkat kecil untuk membantunya berjalan. Dan pemuda itu pun kaget bahwa kakek itu bisa melakukanya hanya dengan satu pukulan. Rahasianya adalah batu besar itu memang sudah di takdirkan oleh sang Maha Kuasa untuk pecah di pukulan ke seribu satu, walaupun sudah diupayakan sampai seribu kali namun tak bakalan pecah.

Filosofi kakek tadi menggambarkan bahwa kita tidak boleh menyerah untuk menggapai apapun yang ingin kita raih walau sebanyak apapun kita mencoba. Pasti akan berhasil. Hal yang terpenting adalah jangan pernah menyerah untuk terus berusaha sebelum anda berhasil mendapatkan apa yang anda inginkan.
Sebuah perjalanan sepanjang apapu pasti akan ditempuh mulai dari sebuah langkah kecil. Jika kita tak pernah memulainya sedari sekarang maka sama sja kita belum berusaha untuk mendapatkannya. Jika kita hanya sibuk merencanakan perjalanan itu, walau selama apapun kita merencanakannya kita tak kan pernah sampai ke tujuan jika kita tidak memulai dengan sebuah langkah demi langkah...
Badiuzzaman
Badiuzzaman

Previous
Next Post »

Post Comment