Bersama Itu lebih baik


Setelah saya baca biografi orang orang terkenal saya heran knapa wright bersaudara, kenapa dia berhasil dan sukses mememukan rancangan pesawat terbang. Satelah saya telusuri ternyata mereka berpendapat bahwa dua kepala itu lebih baik. Artinya adalah sesuatu pekerjaan yang dikerjakan secara bersama sama itu akan lebih baik dari pada dikerjakan sendirian. Saya berfikir, seandainya mereka tidak kerjasama ketika itu tidak akan ditemukan pesawat terbang. Saya pun bersintesis bahwa mungkin penelitian untuk menemukan sebuah pesawat terbang membutuhkan waktu dua kali umur manusia sehingga jika dikerjakan secara bersama akan lebih cepat setidaknya tidak melebihi umur manusia pada umumnya.
Contoh lain yang mengedepankan kebersamaan untuk mencapai kesuksesan adalah para Sparta, sebuah legenda Yunani kuno tentang sekelompok prajurit yang saling bekerja sama dan akibatnya mereka sangatlah tangguh dan tak terkalahkan. Mungkin jika satu orang sparta akan terlihat lemah tapi dengan kebersamaan yang menyatukan mereka, kekuatan yang luar biasa pun terbentuk dengan sangat menawan.
Pada zaman sekarang, jika kita ingin belajar mengenai sebuah kebersamaan dan kerja sama kita bisa melihat bangsa jepang yang terkenal kerja kerasnya. Dibalik kerja keras tiap individu yang terkenal solidnya mereka pun memiliki budaya yang sangat baik yaitu kerja sama dalam kelompok. Bangsa Jepang sangat menghargai pendapat orang lain dan mereka senang berdiskusi dan bekerja sama untuk memperoleh tujuan mereka. Sampai sampai bangsa jepang terkenal dengan istilah “satu profesor Jepang bisa kalah dengan satu Profesor Amerika, tapi sepuluh profesor jepang takan pernah kalah oleh seratus profesor Amerika sekalipun”. Hal ini sangat menguntungkan bangsa jepang pada umumnya sehingga mereka menjadi maju dalam teknologi dan pengetahuan.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sesungguhnya kerja sama merupakan sesuatu yang teramat penting dalam menyelesaikan tugas. Namun kerja sama itu hanya diperkenankan dalam kebaikan. Agama pun melarang kita untuk bekerja sama dalam kejahatan dan kebathilan. Sebuah konsorsium alam menunjukkan sebuah manfaat dari kerja sama yakni dicontohkan oleh sekelompok semut yang selalu bahu membahu dalam melakukan sebuah pekerjaan. Serangga yang satu ini mungkin akan sangat tidak berdaya jika dia hanga seorang diri namun mereka akan sangat kuat jika bergabung dan bahu membahu melakukan sebuah usaha.
Kerja sama tidak ada ruginya selain pekerjaan kita akan cepat selesai dengan kerja sama kita pun akan bisa melatih jiwa sosial dan kekeluargaan. Mari bekerja sama dalam kebaikan untuk Indonesia yang lebih baik...

Badiuzzaman
Badiuzzaman

Previous
Next Post »

Post Comment