Tips Menjalani LDR dengan Bahagia dan Tumbuh Subur

Badinesia.com - Menikah merupakan bagian dari kebutuhan manusia untuk mencapai pemenuhan kepuasan secara batin dan sentuhan fisik. Tiap pasangan suami-isteri yang memiliki ikatan dalam pernikahan ingin menikmati kebahagiaan bersama dalam suatu hubungan. Kehidupan rumah tangga di era modern ini mengalami berbagai tantangan akibat tuntutan hidup yang makin kompleks. Pasangan suami isteri menjalani Long distance relationship (LDR) karena ekonomi, pendidikan, dan tutututan pekerjaan, sehingga pasangan suami isteri terpisah pada letak geografis yang berbeda. 

LDR bukan perkara mudah bagi setiap pasangan yang harus menjalaninya. Ada banyak permasalahan yang muncul pada isteri yang menjalani LDR. Situasi emosi yang berbeda, rasa curiga ketika pasangan tidak memberikan kabar, penafsiran pesan yang berbeda dalam komunikasi chatting, kedekatan secara fisik ingin bertemu dengan suami pasti muncul, tentunya ada sesuatu yang dikorbankan pada hubungan tersebut. Pengalaman tersebut dialami oleh Susi:

“Saya sering berantem hebat dengan suami karena masalah kecil, kalau gak ada kabar dari suami pasti saya uring-uringan, malah pernah tiba-tiba susah dihubungi, pas diangkat yang nerima cewek. Saya sempat gak percaya dan nerima, tapi mau gimana lagi Long Distance Relationship. Lama-lama suamiku ikut marah, saya disini kerja kok malah dicurigai, gitu katanya”.

Namun tanaman akan tumbuh subur, jika disirami air dengan baik. demikian dengan kebahagiaan akan tetap bersemi dalam LDR, ketika kedua Pasutri datang dengan tujuan membuat hubungan berjalan lancar. Berikut tips yang dapat menyempurnakan LDR:  

Buat waktu yang berkualitas untuk ketemu
Atur waktu untuk ketemu dengan isteri. Buatlah pertemuan rutin sebagai moment yang istimewa. Isteri akan selalu menanti pertemuan berikutnya. Rahasia untuk memperoleh hubungan yang nyata adalah mengkomunikasikan perasaan dan merasakan bahu orang yang kita cintai.

Bertukar Foto terbaru
Bertukar foto terbaru dengan pasangan dapat mengobati rindu. Karena Pasutri akan merasa tertarik untuk melihat perubahan yang terjadi. Tanpa kita sadari pasti diantara kita ada yang suka diam-diam melihat foto pasangan menjelang mau tidur.

Inisiatif untuk mengawali menghubungi pasangan
Sempatkan menghubungi isteri saat login pertama kali. Komunikasi dua arah akan terbentuk saat pasangan suami isteri saling meluangkan waktunya. Menghubungi pasangan dapat mengobati rasa kangen sebagai kebutuhan akan perhatian. Menurut Maslow tokoh psikologi menerima perhatian dari pasangan adalah bagian pencapaian kepuasan dalam pernikahan.

Have a good hobby
Pasangan LDR harus senantiasa terlibat dalam hobi. Hobi dapat membuat LDR lebih berfokus dalam kegiatan saat ini. Pasutri tidak akan merasakan beban akibat LDR, sehingga isteri dapat mengerjakan tugas rumah tangga dengan kedamaian hati. Waktu seakan-akan berlalu tanpa terasa.

Ditulis oleh: Alisa Maulana, S.Psi
Badi
Badi

Previous
Next Post »

Post Comment