Belajar Mandiri Untuk Diri Sendiri

Badinesia.com - Manusia hidup dengan cara berkoloni, bermasyarakat dan bersosial. Satu sama lain saling ketergantungan dan saling membutuhkan. Namun bagaimana jadinya jika satu manusia harus terus bergantung pada manusia lain untuk bertahan hidup. Hal inilah yang perlu dilakukan oleh setiap insan untuk bertanggung jawab pada dirinya sendiri. Bertanggung jawab dalam arti bisa hidup mandiri, bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.

Pendidikan kemandirian sangat minim ada di Indonesia, hampir semua pendidikan yang diterapkan negeri ini hanya berdasarkan pada sciense dan sosial yang mempelajari ilmu pengetahuan. Bukan untuk mengembangkan dan membentuk karakter anak menjadi lebih baik. Pendidikan karakter menjadi salah satu yang sedang booming di negara berkembang.

Anak diajarkan untuk bisa merawat dirinya sendiri dan memenuhi kebutuhan sendiri. Di luar negeri, mereka yang sudah menginjak masa-masa kuliah akan berpindah ke tempat lain dan memenuhi kebutuhannya sendiri. Bahkan mereka diajarkan untuk bekerja sambilan agar bisa mandiri di tempat dimana dia berada. 

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat diri anda mandiri dan bisa bertahan dengan kerasnya hidup. Anda bisa belajar melakukan hal-hal yang bermanfaat dan menghasilkan uang. Tidak hanya menodongkan tangan ke orang tua dan meminta  uang saku. 

Belajar mandiri sangatlah penting agar suatu ketika ketika anda kehilangan ornag yang menjadi panutan, anda bisa berdiri sendiri dan bisa berjalan di atas kaki sendiri.

Ada suatu kisah nyata tentang seorang istri pengusaha kaya raya. Suatu ketika si suaminya meninggal dunia karena terkena serangan jantung. Harta kekayaan yang tadinya melimpah mendadak habis karena istri tidak bisa mengelola dan terbiasa dengan hidup enak. Alhasil dia menjadi gila dan anaknya dititipkan pada kakek-neneknya.

Mendidik anak sangat penting untuk mengenalkan dengan pahit getirnya dunia ini. Menjadi mandiri akan membentuk kepribadian yang empati dan mengerti sopan santun terhadap orang lain.

Bagi anda yang belum bisa mandiri dari sekarang, segeralah merubah hidup anda dan cari sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhan anda sendiri dengan tindakan sendiri.

Salam
@badinesia
Badi
Badi

Previous
Next Post »

Post Comment