Obat Harus Diminum Habis? Kenapa?

Sakit adalah sebuah cobaan, tak pernah seorangpun yang menginginkan sakit. Kecuali mereka yang ingin menerima klaim asuransi untuk memperoleh uang. Menjadi orang sakit memang menyebalkan, harus minum obat terus menerus, sampe bosen. Apalagi yang sudah ketergantungan obat. Sehari saja tanpa obat sudah pusingnya minta ampun.

Untuk obat yang diminum sampai sembuh terkadang ini menjadi salah kaprah, dan mungkin belum banyak orang tahu. Bahwa setiap kali kita sakit dan minum obat, kita wajib untuk menghabiskan obat tersebut. Mau atau nggak mau, yang jelas ada banyak alasan yang perlu kita sadari. 

Saya termasuk orang yang kadang minum obat dan tidak sampai habis. Seperlunya saja, ketika diberi obat pak dokter bilang agar obat ini dihabiskan. Tapi dalam benak saya berfikir saat sudah sembuh, ngapain minum obat lagi, orang sudah sembuh juga.

Dilansir dalam inilah.com berikut ini adalah alasan kenapa obat harus diminum sampai habis.
  • Bakteri masih tersisa
  • Terjadinya resistensi bakteri
  • Membuat bakteri menjadi tangguh
  • Bakteri berpindah tempat
Penjelasan lebih lengkapnya silahkan baca di situs inilah.com. Semula saya juga tidak pernah kepikiran bahwa obat yang kita minum itu tak harus dihabiskan. Sepertinya memang benar alasan tersebut, karena kebiasaan tidak menghabiskan obat, saya sekarang jika sakit lagi harus minum obat dengan dosis yang lebih tinggi. Padahal dulu dosis rendah sudah mempan, tapi sekarang tidak ada apa-apanya.

Nah tu kan, makanya walaupun mencegah itu lebih baik dari pada mengobati, tapi kan kalau sudah sakit tetap saja harus diobati. Kalau tidak minum obat memang akan sembuh sendiri, tapi bener bener akan mengganggu pekerjaan kita.

Jika memang obat yang diminum memang tidak habis, apalagi yang pil. Usahakan untuk membuangnya dalam bentuk yang sudah dihancurkan. Karena saya pernah melihat investigasi salah satu stasiun TV, bahwa banyak oknum yang memanfaatkannya kembali dengan dijual obat dengan harga yang sangat murah. Mereka memungut dari TPA atau tempat sampah sekitar.

Jaga kesehatan, kalau perlu minum obat sampai habis, asalkan jangan  dimakan sama bungkusnya.

Semarang, 25 November 2013

@badi_uzzaman


Unknown
Unknown

Previous
Next Post »

Post Comment