Pemimpin Harus Berani

Pemimpin apapun itu, ketika seseorang menjadi seorang pemimpin satu hal yang penting untuk dipertimbangkan bahwa pemimpin harus berani. Banyak memang kriteria dari seorang pemimpin, mulai dari harus adil, bijaksana, bijaksini dan lain sebagainya. Namun sifat pemberani penting pula untuk dimiliki oleh seorang pemimpin.

Berani tidak hanya dalam hal lelaki (kekerasan) tapi juga berani bertanggung jawab, berani berkorban, berani mengambil keputusan. Nah berani yang terahir ini yang sangat penting menjadi kriteria seorang pemimpin. Karakter seseorang apakah dia kriteria seorang pemimpin atau  bukan terlihat dari sikapnya dalam mengambil keputusan. Seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan biasanya akan mengemukakan pendapatnya pada pertengahan atau akhir diskusi. Dan ini menandakan bahwa pemimpin bukan cuma memberi ide saja, melainkan harus menampung pendapat dari rekan rekanya yang kemudian dia olah menjadi lebih matang dan mencari solusi yang terbaik.

Kawan kawanku sekalian, jiwa kepemimpinan bukan merupakan bawaan dari keturunan, malainkan sebuah ilmu yang harus dipelajari dan dijalankan. Bertanggung jawab seorang pemimpin tidak hanya terhadap para pengikutnya tetapi kuga terhadap masyarakat luas dan Tuhan tentunya atas amanah yang diembannya.

Nah sekarang bagaimana cara menumbuhkan rasa tanggung jawab seorang pemimpin. Tidak mudah memang menumbuhkan rasa tanggung jawab, harus ada kemauan untuk mengabdi dan berkorban untuk kelompoknya. Seorang pemimpin akan dapat bertanggung jawab atas keputusanya ketika dia merasa bahwa itulah hasil dari apa yang ia kerjakan. Jika bagus maka dapat pujian, jika salah harus bertanggung jawab, itulah pemimpin. Sebagai istilah kalo mau masuk neraka pemimpinya dulu, kalau mau masuk surga pun pemimpinya terlebih dahulu...

Good luck untuk semua pemimpin pemimpin pemberani yang ada di Dunia....
Badiuzzaman
Badiuzzaman

Previous
Next Post »

Post Comment