Bohon itu kenikmatan

Dengan sangat mudahnya kita mengatakan tidak padahal sebenarnya tidak. Begitu ringannya kita mengatakan tidak tahu padahal kita tahu banyak. Begitupun ketika kita berdalih untuk melindungi dari dari kesalahan. Memang terlihat biasa namun hal yang biasa itu jika kita biarkan terus akan menjadi kebiasaan buruk yang tak tartahankan. Perlu kita ketahui bahwa kebohongan akan membuat mental seseorang menjadi buruk. Kebanyakan mereka mengatakan kebohongan untuk menyelamatkan diri dari kesalahan atau bahkan mencari cara lain agar orang lain mengikuti apa yang kita inginkan.
Banyak riset mengatakan bahwa kebohongan akan membuat kita tak perna bisa dipercaya. Walaupun bohong itu nikmat tapi lebih dari itu lebih banyak mudharatnya dari pada baiknya. Seseorang yang sekali berbohong akan cenderung tidak dipercaya lagi oleh orang orang sekitarnya dan di cap sebagai pembohong. Walaupu hanya khilaf sekali namun itu takan bisa dilupakan oleh orang lain. Seperti kata pepatah sekali lancung tak bisa kembali lagi sampai mati. Memang terlihat memakssakan tapi yang jelas kepercayaan orang lain terhadap anda akan menurun drastis.
Apa sih nikmatnya berbohong sehingga banyak orang melakukannya?,. Banyak sekali dalih yang dilontarkan oleh seorang pembohong, salah satunya adalah untuk berkelip dari suatu masalah atau kekurangannya. Kata
kata bohong akan mereka lontarkan untuk melindungi diriya dari kesalahan yang telah dia perbuat. Misalkan seorang perampok takan pernah mengatakan bahwa dia telah merampok. Seolah ini menjadi unggulan ketika didengar fenomena bahwa perampok atau pencuri takan pernah ngaku dan jika ngaku penjara bakalan penuh.
Sebenarnya bukan hanya pencuri yang berkata bohong, kita pun (mungkin) sering melakukannya. Menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dengan berbohong tentunya.
Berbohong itu bisa membuat kita mencapai tujuan lebih cepat. Ibarat sebuah jalan pintas, berbohong itu memberikan banyak sekali keuntungan bagi mereka yang suka segala sesuatu dilakukan dengan mudah dan singkat. Lebih dari itu kita bahkan akan merasa bahwa diri kita selalu benar, segala upaya kita lakukan untuk menjadikan kita memiliki citra bahwa kita selalu benar dan tahu segalanya.
Memang banyak hal yang bisa kita dapatkan dari berbohong namun satu hal yang perlu kita ketahui bahwa bohong itu akan membawa kita pada sesuatu yang buruk. apapun itu yang penting kita harus selalu jujur amanah dan terpercaya...
oleh: b@di azzam
Badiuzzaman
Badiuzzaman

Previous
Next Post »

Post Comment

1 komentar:

Anonymous
AUTHOR
March 21, 2012 at 11:09 AM Reply Delete Delete

Assalamualaikum...
good blog...

avatar